Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai dengan keahliannya. Pekerjaan kontraktor dibatasi oleh waktu penyelesaian, biaya, dan hal-hal yang harus diselesaikan sesuai kontrak. Dilansir dari Chron, kontraktor bangunan tempat tinggal biasanya mengawasi pembangunan rumah-rumah dan proyek perumahan.

Secara umum kontraktor mendapatkan proyek pekerjaan dengan dua cara, yaitu ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan atau melalui lelang yang diselenggarakan oleh pemilik proyek. Pemenang lelang merupakan kontraktor yang mengajukan harga terbaik dan produk berkualitas serta memenuhi kriteria yang ditetapkan pemilik proyek.

Banyak orang menyebut kontraktor sebagai pemborong, padahal ada perbedaan antara kontraktor dan pemborong. Sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak tertulis, tetapi pemborong bekerja berdasarkan perjanjian lisan saja. Selain itu, kontractor selalu berbadan hukum, sedangkan pemborong kebalikannya.

Cakupan Jasa Kontraktor

Menurut Canadian Home Builders’ Association (CHBA), Anda perlu memeriksa calon kontractor secara menyeluruh sebelum memutuskan siapa yang akan dipekerjakan. Walaupun Anda mendapatkan referensi positif dari teman atau tetangga, periksa juga reputasi perusahaan dan pahami layanan yang dapat dikerjakan oleh perusahaan tersebut. Berikut ini beberapa layanan yang ditawarkan oleh kontraktor secara umum.

  • Jasa desain

Setelah berdiskusi dengan pemilik proyek dan melakukan survei lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan dibuat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan bujet pemilik proyek.

  • Bangunan dan material

Pada tahap ini, kontraktor bertanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, penyedia jasa akan menggunakan berbagai alat berat untuk kelancaran proyek.

  • Renovasi atau remodeling

Pada tahap ini, Penyedia jasa akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran dan perbaikan. Kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas rumah atau gedung.

Jenis-jenis Kontraktor

Bidang usaha jasa kontraktor tidak hanya mencakup pembangunan rumah dan gedung tinggi. Ternyata ada banyak bidang yang sesuai dengan kapasitas dan jasa yang ditawarkan. Inilah contohnya.

  • Arsitektural

Kont#sutan bidang arsitektural paling sering digunakan masyarakat umum. Pekerjaannya meliputi arsitektur bangunan yang berteknologi sederhana, teknologi menengah, hingga teknologi tinggi, juga arsitektur interior, lanskap, dan perawatannya.

  • Civil Contractor

Jasa Civil Contractor meliputi pembuatan jembatan, jalanan, pembangunan jalur kereta api, landasan pesawat, jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, jaringan pengairan, dan saluran drainase. Pembuatan pelabuhan, struktur bangunan gedung, konstruksi pabrik, dan tambang beserta perawatannya dan pekerjaan penghancuran bangunan juga menjadi bagian dari tugas jasa kontraktor bidang ini.

  • Tata Lingkungan

Sesuai namanya, kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan mengurus hal-hal yang berhubungaan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi analisis dampak lingkungan, teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, dan pengolahan limbah. Pengembangan wilayah, perpipaan air bersih, perpipaan limbah, dan perawatannya juga diperhatikan oleh jasa contactor bidang pekerjaan tata lingkungan.

  • Elektrikal Contractor

Jasa kontraktor elektrikal memiliki tanggung jawab terhadap kelistrikan seperti instalasi pembangkit, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut, penangkal petir, serta bangunan pemancar radio.

  • Mekanikal Contractor

Jasa kontraktor mekanikal bertanggung jawab terhadap instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, konstruksi lift dan eskalator, dan perpipaan termasuk perawatannya.

Perusahaan Jasa Contractor Terbaik

Berikut ada 5 Perusahaan Kontractor besar di Indonesia diantaranya adalah :

PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Salah satu kontraktor terbesar milik pemerintah ini didirikan pada tahun 1960. Tahun 1974 status perusahaan ini berubah menjadi Perseroan Terbatas, kemudian pada tahun 2004 menjadi perusahaan konstruksi pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

PT PP (Persero) Tbk.

Didirikan pada tahun 1953 dengan nama N.V Pembangunan Perumahan, saat itu perusahaan dipercaya untuk membangun rumah bagi para petugas PT Semen Gresik Tbk. Setelah itu, perusahaan ini membangun berbagai proyek seperti Hotel Indonesia, Ambarrukmo Palace Hotel, dan Samudra Beach Hotel. Tahun 1971 nama perusahaan ini berubah menjadi PT PP dan telah melakukan inovasi serta memiliki beberapa anak perusahaan.

PT Hutama Karya (Persero)

Perusahaan ini resmi berdiri di bawah naungan BUMN melalui PP RI no. 61 tahun 1961. PT Hutama Karya menunjukkan karyanya melalui konstruksi bangunan bernilai sejarah seperti Gedung MPR RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta. Perusahaan ini juga membangun infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi berupa jembatan bentang panjang seperti Jembatan Ampera di Palembang.

PT Total Bangunan Persada Tbk.

Diresmikan pada tahun 1970, 11 tahun kemudian nama perusahaan ini berubah menjadi PT Total Bangunan Persada Tbk. Hasil karya perusahaan ini selama 40 tahun antara lain adalah JIExpo Convention and Theatre, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, BRI BSD Tower, dan lain-lain.

PT Indonesia Pondasi Raya (Indopora) Tbk.

Perusahaan ini didirikan tahun 1977 dan berfokus pada pembuatan pondasi, dinding penahan tanah, dan perbaikan tanah. Tahun 2018, PT Indonesia Pondasi Raya Tbk mendapatkan Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award untuk kategori construction.

Jasa Kontraktor terbesar sudah pasti adalah yang terbaik, tapi bukan berarti perusahan kontraktor kecil bukan yang terbaik.

Monomer Group merupakan Perusahaan Contractor konsultan terbaik yang bergerak di bidang perencanaan sipil, kimia konstruksi, infrastruktur, dan arsitektur. Kami memiliki team yang telah berpengalaman di bidangnya. Untuk berkonsultasi dengan team ahli kami, silahkan klik disini, team ahli kami siap membantu anda.