Audit Struktur Bangunan

Dunia Proyek – Masalah perlindungan bangunan merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan untuk menjamin pemenuhan fungsinya. Dalam sepuluh tahun terakhir ini telah banyak terjadi gempa besar dibeberapa kota besar di Indonesia.

Dengan demikian mulai diperlukan Assessment, Testing dan Analisis Struktur atau yang lebih dikenal dengan Audit Struktur untuk gedung-gedung tersebut karena ada penurunan kekuatan gedung akibat usia, cuaca, gempa bumi, maupun peningkatan persyaratan kekuatan gedung sesuai peraturan yang terbaru. Hal ini perlu dilakukan sebagai antisipasi untuk mengurangi kegagalan struktur dan korban jiwa akibat bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan lain sebagainya.

Ada beberapa tahapan dalam Audit Struktur antara lain :

  • Survei Instansional, Koordinasi dan Review

Dokumen kegiatan meliputi koordinasi dengan pihak terkait untuk menentukan arah kegiatan dan proses singkronisasi rencana kegiatan yang berhubungan dengan perijinan dan koordinasi wilayah pemeriksaan pada Gedung, review dokumen dan data eksisting Gedung dari pihak pengelola Gedung.

  • Pemeriksaan Visual

Bag ini dilakukan terhadap elemen-elemen gedung dan kondisi lingkungannya, dimaksudkan untuk memperoleh data dan informasi mengenai struktur gedung.

  • Pemeriksaan Khusus

Merupakan pengamatan/pengujian/pengukuran yang dilakukan lebih cermat dan mendetail yang merupakan tindak lanjut dari pengamatan kerusakan pada pemeriksaan detail.

  • Analisis Struktur

Analisis dilakukan dengan melakukan perhitungan dan pemodelan struktur eksisting berdasarkan data-data yang diperoleh dari lapangan.

  • Hasil Analisis dan Rekomendasi Perbaikan/Perkuatan Struktur

Setelah analisis struktur, diperoleh informasi elemen-elemen yang memenuhi persyaratan atau tidak secara teknis. Apabila tidak memenuhi persyaratan teknis maka direkomendasikan dilakukan perbaikan dan perkuatan struktur gedung.

Kesimpulannya….

Berdasarkan penjelasan diatas, maka disimpulkan bahwa Audit Struktur sangatlah penting sebagai solusi untuk mengantisipasi kegagalan struktur bangunan dan yang pasti bisa mengurangi jumlah korban jiwa bila terjadi bencana alam terutama gempa bumi.

Nah, jika Anda ingin membuat rumah, gedung dll, serahkan saja tugas Anda pada Penyedia Jasa Audit Struktur yang Terpercaya. Dunia Proyek memiliki layanan konsultan yang memudahkan Anda merencanakan struktur & arsitektur serta mengaudit struktur bangunan yang akan dibangun. Jika Anda berminat silahkan segera HUBUNGI KAMI, Team ahli kami akan segera membantu anda.