Lantai floor hardener adalah lantai beton dengan komposisi bentuk partikel yang di buat dengan ukuran dan spesifikasi bertingkat dan di gunakan sebagai bahan campuran semen dan batu untuk memberikan kekerasan ekstra ke lantai beton tanpa mempengaruhi komposisi bahan kimia semen.

Seiring perkembangan dunia konstruksi menuntut adanya bahan bangunan yang memiliki kekuatan yang bagus dan berkualitas. Salah satunya bagaimana menghasilkan permukaan lantai yang kuat dan tahan terhadap gesekan, kotoran, dan debu. Dengan kemajuan teknologi, floorhardener diciptakan untuk menjawab permasalahan tersebut.

Proyek lantai floor hardener ini sekarang sudah menjadi syarat utama pada sebagian besar konstruksi, proyek hardener lantai telah kami kerjakan di PT. Fima Makmur Abadi yang berlokasi di area SCBD Kuningan, berikut dokumentasinya :

Untuk melihat foto – foto dokumentasinya, silahkan KLIK DISINI

Fungsi Floorhardener

Floor Hardener ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Mengeraskan permukaan lantai beton
  • Meminimalisir kotoran dan debu pada lantai
  • Agar saat dilakukan pembersihan akan jauh lebih mudah. 

Permukaan lantai yang menggunakan Floor Hardener memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan lantai yang menggunakan cor beton biasa. Pori-pori yang kecil inilah yang menjadikan lantai ber-floor hardener akan lebih terjaga kebersihannya.

Jenis – Jenis Floor hardener

Dilihat dari campuran materialnya, floor hardener dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Floor Hardener Natural / Non Metallic (semen + pasir silika/semen + emery) dan Floor Hardener Metallic (semen + serbuk besi). 

  • Floor Hardener Natural / Non Metallic

Yaitu jenis floor hardener dari campuran material semen dan pasir silika  atau campuran antara semen dengan agregat emery yang menjadi satu untuk membentuk suatu material permukaan lantai yang tahan terhadap goresan / gesekan. 

Sementara itu komposisi perbandingan campuran antara semen dengan pasir silika /emery adalah 1 (semen) : 2 (pasir silika / emery). Jenis ini Floor Hardener ini paling sering dipakai di Indonesia karena pengaplikasian yang mudah dan harga yang murah.

  • Floor Hardener Metallic

Floorhardener metallic yaitu jenis floor hardener dari campuran material semen dan serbuk besi. 

Kelebihan dari floor hardener metallic ini adalah dapat menahan beban yang lebih berat dibandingkan floor hardener natural. Selain itu, jenis floor hardener ini dapat menahan gesekan yang lebih baik. 

Sementara itu kelemahannya adalah dari material serbuk besi itu sendiri yang sulit untuk didapatkan, khususnya di Indonesia. Kelemahan lainnya seperti mudah berkarat, proses pengaplikasian yang terlalu rumit, dan harganya yang mahal.

Cara Pemasangan Lantai Floorhardener

Proses pemasangan floor hardener yang salah dapat menjadikan tidak efektifnya struktur lantai dan hanya membuang biaya-biaya yang seharusnya dapat dihemat. Berikut ini adalah urutan pemasangan Floor Hardener yang tepat :

  1. Kontraktor menyelesaikan pekerjaan persiapan lantai beton  terlebih dahulu seperti meratakan permukaan lantai sebelum ditabur floor hardener
  2. Apabila lantai sudah memenuhi standar untuk ditaburi serbuk Floor Hardener, maka kontraktor melakukan proses pemadatan antara beton dengan serbuk Floor Hardener secara merata. Alat pemadat yang digunakan kontraktor tersebut dinamakan trowel.
  3. Setelah beton mulai sedikit mengeras, proses selanjutnya yang dilakukan kontraktor adalah menghaluskan permukaan lantai dengan menggunakan alat yang sama pada saat proses pemadatan, yaitu mesin trowel.Tahapan selanjutnya yaitu proses pengeringan. Untuk mendapatkan kondisi kering sempurna membutuhkan waktu kurang lebih 28 hari.
  4. Pemilik gedung harus rutin melakukan perawatan pada Floor Hardener agar lantai tidak mudah timbul retak. Perawatannya cukup mudah, yaitu membersihkannya dari macam debu dan kotoran.

Floor Hardener umumnya memiliki ketebalan berkisar antara 1 – 3 mm. Ukuran ketebalan tersebut dipilih pihak owner (pemilik gedung) saat melakukan konsultasi dengan pihak kontraktor jasa floor hardener. 

Semakin banyak /berat serbuk yang ditabur oleh kontraktor, semakin tebal Floor Hardener yang dihasilkan. Berikut ini adalah aturan pakai Floor Hardeneragar menghasilkan lantai beton yang berkualitas dan awet;

  • 3 kg/m2, maka ketebalan floor hardener 1 mm
  • 5 kg/m2, maka ketebalan floor hardener 2 mm
  • 7 kg/m2, maka ketebalan floor hardener 3 mm

Macam – macam Agregat Floorhardener berdasar tingkat kekerasan

Nama MaterialTingkat KekerasanKegunaan
Serbuk besi / pasir besi4Beban sedang – berat
Agregat Emery3Beban sedang – berat
Agregat Silika2Beban ringan – sedang
Agregat Semen1Beban ringan

Merk Material Floorhardener

  Merk  Type
SIKASika Chapder, Sika Curehard 24, Sikafloor proseal 22
FOSROCNitofloor Hardtop, Nitofloor Metaltop
ESTOPEstotop SQ, Estotof N48 Metalic
ULTRACHEMUltrachem Floor
ESTRONGStronghard HD, Stronghard Liquid
MAPEIMapestop SP, Mapecrete LI Hardener,
DELTACRETEDeltahard NM, Deltahard MT, Deltahard MCH
BASFMastertop 100, Mastertop 103, Mastertop 200
FARICONFloorhardener Faricon
  

*Merk dan Type material tersebut ditas adalah yang umum digunakan, selain itu masih tersedia berbagai merk dan type lain.

Kontraktor Floorhardener Terbaik

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Jasa Lantai Floor Lantai Hardener terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Perkuatan Lantai dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Cari Jasa Lantai Floor Hardener terbaik dengan Harga Murah ? Klik Disini!!!