injeksi Beton retak atau sering di sebut Injeksi Epoxy merupakan perbaikan Beton Retak Yang Dapat lakukan dengan cara penyuntikkan matrial epoxy grout resin untuk mengatasi keretakan mulai celah yang kecil dan halus.

( Retak pada beton) Hingga keretakan yang cukup besar ( maksimal 10 mm ).

Dengan mengikat kembali beton retak seperti tersebut yang atas dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar.

Perkuatan Serat Carbon pada beton bertulang, bertujuan untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada beton bertulang baik dengan structur besi maupun baja. Maka dari itu, harus dimulai dengan tahap pemilihan bahan perkuatan yang baik dan tepat. Pemilihan material ini merupakan persyaratan wajib untuk perbaikan yang tahan lama. Salah satu solusi untuk perkuatan ini ialah dengan material yang bersifat cementitious yang jadi pilihan terbaik untuk perkuatan beton yang rusak.

Pada kondisi tertentu, juga disyaratkan bahwa perkuatan harus mencakup pula ketahanan terhadap serangan bahan kimia hingga terkadang material lain dipilih dengan pertimbangan tersebut. Jadi, material perbaikan bersifat fleksibel sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kerusakan yang terjadi.

Proyek Injeksi Beton Retak (Epoxy) & Perkuatan Struktur Beton di PT. Trihamas

Pekerjaan Injeksi beton retak (epoxy) di lakukan bersamaan dengan perkuatan serat carbon pada artikel ini telah kami kerjakan untuk Gedung PT. Trihamas yang berlokasi di Fatmawati, Jakarta Selatan.

Berikut foto – foto dokumentasinya :

Untuk melihat foto – foto dokumentasi proyek injeksi epoxy & perkuatan struktur di rumah tinggal ledeng, bandung silahkan KLIK DISINI

Perbaikan Beton retak dapat di lakukan dengan cara penyuntikan dengan menggunakan matrial epoxy resin kedalam jalur retakan dan celah kosong sehingga struktur yang terpisah akibat retakan tersebut dapat terisi sehingga saling meningkatkan kembali.

Material yang kami gunakan epoxy resin yang akan mengisi kedalam jalur retakan melalui celah-celah kecil dengan retakan rambut pada beton sehingga yang cukup besar (10mm – 15mm) perbaikan beton retak dapat lakukan dengan menggunakan metode injeksi epoxy.

Dan untuk memperkut struktur beton kami menggunakan material serat carbon (CFRP). Berikut Penjelasan lebih lengkapnya :

Penjelasan Tentang Injeksi Beton Retak & Perkuatan Serat Carbon

Injeksi Beton Retak / Injeksi Epoxy

Injeksi epoxy adalah salah satu cara mengatasi retakan pada beton dengan penyuntikan epoxy resin grout yang dapat mengeras sehingga dapat menutupi retakan pada beton dengan baik.

Cairan material epoxy resin ini mempunyai daya rekat yang cukup baik. Untuk memperbaiki retakan secara efektif, dan untuk melindungi tulangan dari kerusakan dini, hanya produk terbaik yang dapat gunakan.

Berikut Keunggulan Injeksi Epoxy :

  1. Kuat tekan awal dan akhir stabil
  2. Kuat tank dan kuat lentur yang tinggi mampu mengakomodir getaran dan gerakan dari struktur beton yang ikatnya
  3. Mempunyai kuat rekat, kuat lekat dan kuat tekan yang tinggi, melebihi kekuatan beton itu sendiri
  4. Ketahanan kimia yang baik serta aman untuk aplikasikan pada area yang mudah terpapar bahan kimia
  5. Bersifat tidak menyusut sehingga stabil untuk jangka yang panjang
  6. Memiliki viscositas yang rendah sehingga dapat mengisi celah retakan yang kecil sekalipun Metode Kerja Perbaikan Beton

Perbaikan Stuktur Beton

Untuk melakukan perbaikan beton, ada syarat – syarat pemilihan material perbaikan beton yang harus di penuhi, di antaranya yaitu :

Syarat – syarat pemilihan material perbaikan beton

  • Memiliki stabilitas dimensional
    Salah satu syarat utama untuk memilih materi perkuatan pada beton ialah adanya lekatan yang sempurna dan maksimal antara material yang baru dan beton yang rusak.
    Sering kali yang terjadi ialah adanya kerusakan pada kelekatan akibat perubahan dimensional yang diakibatkan oleh penyusutan. Sehingga material yang dipakai untuk perbaikan haruslah bebas susut ataupun jika mengalami penyusutan tidak akan merusak lekatan pada beton yang lama.
  • Koefisien ekspansi thermal
    Perlu diketahui bahwa semua material dalam konstruksi akan mengalami ekspansi dan kontraksi saat terjadi perubahan temperatur udara di lingkungan. Perubahan yang terjadi tergantung pada koefisien ekspansi thermal material tertentu. Misalnya, untuk beton, koefisien ekspansi thermal adalah 0,000006 hingga 0,000012 cm per derajat celcius.
    Maka dari itu, pemilihan material untuk perkuatan beton bertulang harus dipilih dengan tepat. Jika komposisi dari dua material dengan koefisien thermal jauh berbeda dan mengalami perubahan temperatur maka akan mengakibatkan kerusakan pada beton bertulang berupa garis lekatan.
  • Modulus elastisitas
    Istilah di atas untuk menggambarkan ukuran kekakuan pada sebuah material. Suatu bahan atau material dengan modulus elastisitas yang tinggi tidak akan mengalami deformasi sebanyak material dengan modulus elastisitas rendah, terutama ketika menerima beban.

Sesuai dengan syarat tersebut, maka ada 3 jenis material yang sering diaplikasikan untuk perkuatan beton bertulang, yakni:

Jenis Material Perkuatan Struktur Beton

  1. Eglass

Material yang berbahan dasar dari modifikasi serat kaca sehingga menghasilkan kekuatan tarik sangat tinggi. Bentuknya berupa lembaran kamin dan memiliki berbagai variasi ukuran.

  • Carbon Plate

Material yang berbentuk composite dan memiliki kemiripan bahan dengan carbon wrap. Bentuk fisiknya berpa plat lebar yakni ukuran 5cm, 10cm, dan 15cm. Penggunaannya berfungsi untuk menambah kekuatan pada kelenturan serta daya topang beton.

  • Carbon Wrap / CFRP

Material yang berbahan dasar serat carbon yang memiliki kekuatan tarik lebih tinggi dibandingkan dengan material eglass. Penggunaan material ni dapat menambah kekuatan lentur dan kuat geser dari struktur beton.

Demikian tadi beberapa permasalahan yang sering  ditemui dalam konstruksi beton bertulang.. Meskipun kerusakan kadang terjadi, namun  dengan perbaikan yang tepat maka kerusakan lebih parah akan bisa dihindarkan, dan konstruksi bisa tetap kokoh dan berkualitas dalam jangka waktu panjang.

Jasa Injeksi Beton Retak & Perkuatan Serat Carbon Terbaik

Percayakan pekerjaan perbaikan & perkuatan struktur beton pada penyedia jasa aplikator atau kontraktor profesional dan  terpercaya.

Monomer Group merupakan aplikator injeksi epoxy & perkuatan serat carbon profesional yang selalu memberikan pelayanan yang terbaik, produk dan jasa kami juga sudah bersertifikasi.

Layanan Jasa Kami meliputi :

  • Konsultasi Gratis
  • Survey Lokasi
  • Pengadaan Material
  • Peralatan yang digunakan untuk instalasi, dan
  • Harga sudah termasuk pemasangan.

Cari Jasa crack injection & Perkuatan CFRP terbaik dengan Harga Murah ? Klik Disini!!!