Chemical anchor merupakan pemasangan angkur menggunakan kimia perekat kuat, hal ini berguna untuk menambah kekuatan lekat dan kekuatan rekat pada lubang sehingga angkur yang dipasang menjadi lebh kuat atas beban tari dan geser.

Selain menambahkan daya kuat dan daya rekat, penambahan chemical juga bertujuan agar angkur memiliki daya tahan sekalipun pada kondisi berair.

Pekerjaan pemasangan angkur dengan chemical anchor ini telah kami kerjakan di sebuah rumah tinggal yang berlokasi di Perumahan Mayar Permai, Kawasan PIK. Berikut foto – foto dokumentasinya :

Untuk melihat dokumentasi proyek chemical anchor  di rumah tinggal Perumahan Mayar Permai, Kawasan PIK, silahkan KLIK DISINI

Fungsi chemical anchor

Ada 2 fungsi yang di gunakan dalam pemasangan chemical anchor yaitu :

  • Sebagai suatu media yang berfungsi merekatkan besi beton angkur dengan beton atau berfungsi seperti lem. Hal ini yang harus diperhatikan adalah kebersihan dari lubang bor karena jika ada debu yang menempel pada permukaan bagian dalam lubang bor pada beton dapat menghalangin ikatan yang mengakibatkan tergelincir saat mengalami beban tarik.
  • Setelah chemical mengeras sempurna, keadaan saling mengunci Antara permukaan kasar lubang pada beton dengan ulir/drat dari rebar/angkur. Oleh karena itu pentig menggunakan rebar berulir dan angkur yang mempunyai drat pada bagian yang tertanam. Keadaan pada angkur mengakibatkan reduksi keadaan daya tariknya hingga 40% dan lubang bor hasil dari pengeboran dengan Hammer Drill menjadi lebih kasar disbanding lubang bor yang dihasikan dengan Core Drill, haltersebut juga akan mengakibatkan reduksi kuat tarik

Tahap pemasangan Chemical angkur

Pemasangan Chemical Anchor untuk struktur rumah tinggal

Pengerjaan chemical anchor relative sederhana yaitu :

  • Lakukan pengeboran pada bidang yang akan dipasang chemical
  • Ukuran lubang dinding disesuaikan degan angkur yang hendak di pakai
  • Pembersihan lubang yang telah di bor dengan sikat dan blower, bertujuan agar chemical anchor dapat menempel dengan sempurna pada bidangnya
  • Penginjeksian chemical dengan menggunakan gun dispenser atau tembakan
  • Pemasangan angkur pada lubang yang telah terisi chemical

Angkur biasanya dipasang pada kolom, balok, dinding beton dan sebagainya, pada pemasangan yang berbeda, kekuatan daya tahan chemical anchor pun akan berbeda. Pemasangan angkur harus sesuai dengan  metode kerja yang baik dan sesaui dengan prinsip karakter material dibanding dengan fungsi struktur itu sendiri.

Area Kerja :

  • Kolom / Balok Beton dan baja
  • Joint Struktur
  • Baseplate Footing
  • Concrete Steel
  • Console Beton
  • Dan Area lainnya.

Ukuran & Merk Material Chemical Anchor :

Secara umum, ukuran angkur chemical terdiri dari 7 macam,

  1. Angkur kimia M8 dengan panjang total 110 mm
  2. Angkur M10 dengan panjang keseluruhan 120 mm.
  3. M12 dengan panjang 160 mm
  4. M16 dengan panjang 190 mm
  5. M20 dengan panjang 260 mm.
  6. M24 dengan panjang total 300 mm
  7. M30 memiliki panjang 380 mm.

Selain tersedia dalam berbagai ukuran diameter dan Panjang, Angkur kimia juga dapat Anda temukan dengan berbagai merek dari berbagai produsen terbaik di dunia. Beberapa merek angkur kimia yang paling populer antara lain adalah:

MerkTYPE
hILTiHIT-RE 500 V3/330/1, HIT-RE 500 V3/500/1, HIT-RE 100 V3/330/1, HIT-RE 100/500/1, HVU2 (M8, M10, M12, M20, M24, M30), HIT-HY 270, HIT-HY 200R  
sikaSika AnchorFix
fosrocLokfix E75
ramsetEPCON G5
fischerFIS V 360S / 150C / 960S
prawplugBonded Anchor R-Ke X 11

*Merk dan Type tersebut adalah yang umum, selain itu masih tersedia berbagai merk chemical anchor lainnya.

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Jasa Pasang angkur chemical Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Chemical Anchor dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai dan pemasangan chemical anchor, Silahkan Hubungi Kami. Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.