Ketahanan terhadap kebakaran adalah aspek krusial dalam perencanaan dan pembangunan bangunan. Salah satu komponen yang mendukung keamanan ini adalah fire stop, suatu sistem perlindungan yang dirancang untuk mencegah penyebaran api dan asap. Kali ini kita akan membahas pentingnya fire stop dalam konteks keamanan bangunan dan faktor-faktor yang memengaruhi variasi harga dari produk ini.

Apa Itu Fire Stop?

Fire stop adalah sistem yang digunakan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran api, gas panas, dan asap melalui celah-celah atau terowongan di dinding, plafon, atau lantai. Fire stop umumnya terdiri dari bahan isolasi dan segel yang tahan panas, membentuk penghalang yang efektif terhadap risiko kebakaran.

Pentingnya Firestop dalam Bangunan:

  1. Perlindungan Terhadap Penyebaran Api:
    Fire stop membantu mencegah penyebaran api dari satu area ke area lain dalam bangunan, memberikan waktu berharga untuk evakuasi dan respons pemadam kebakaran.
  2. Keamanan Penghuni Bangunan:
    Menjamin keamanan penghuni bangunan dengan meminimalkan risiko paparan terhadap asap beracun dan suhu tinggi selama kebakaran.
  3. Kepatuhan Terhadap Peraturan dan Standar Keselamatan:
    Fire stop membantu bangunan memenuhi standar keselamatan kebakaran dan peraturan bangunan yang ditetapkan oleh lembaga pengawas.
  4. Perlindungan Terhadap Properti:
    Mencegah kerusakan properti yang dapat disebabkan oleh penyebaran api, panas, dan asap.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Fire stop:

  1. Tipe Bahan Fire stop: Jenis bahan yang digunakan dalam fire stop, seperti sealant, mortar, atau batangan isolasi, dapat memengaruhi harga secara signifikan. Bahan tahan panas dan berkualitas tinggi mungkin lebih mahal.
  2. Rating Kinerja: Fire stop memiliki berbagai rating kinerja yang menentukan seberapa efektif mereka dalam menahan kebakaran. Produk dengan rating lebih tinggi cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.
  3. Aplikasi dan Pemasangan: Biaya pemasangan dan aplikasi fire stop melibatkan faktor-faktor seperti kompleksitas desain bangunan. Jenis permukaan yang akan diberi perlindungan, dan tingkat kesulitan pemasangan.
  4. Ketebalan dan Dimensi: Ketebalan fire stop yang dibutuhkan untuk melindungi suatu area dan dimensi area tersebut dapat memengaruhi harga produk dan pemasangan.
  5. Sertifikasi dan Kepatuhan: Fire stop yang memiliki sertifikasi dan kepatuhan terhadap standar keselamatan sering kali lebih mahal. Tetapi memberikan keyakinan terkait performa dan kualitas produk.

Harga Jasa Firestop

JenisHarga
Firestop mortar untuk shaftRp 708.000,-/m2
Firestop mortar spray untuk cover struktur betonRp 375.000,-/m2
Firestop mortar spray untuk cover struktur bajaRp 395.000,-/m2
Firestop lubang kabelRp 250.000,-/m2
Firestop coatingRp 395.000,-/m2
Firestop coating area fa├žadeRp 520.000,-/m2

Investasi dalam fire stop adalah langkah penting dalam menjaga keamanan dan integritas bangunan. Meskipun harga fire stop dapat bervariasi, manfaatnya dalam melindungi nyawa manusia, harta benda, dan mematuhi regulasi keselamatan adalah nilai yang tak ternilai. Oleh karena itu, perencanaan yang matang dan pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan bangunan adalah langkah strategis dalam memastikan perlindungan optimal terhadap risiko kebakaran.

Jasa Firestop Terbaik

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Spesialis Jasa Firestop Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, Jasa Firestop Profesional, berpengalaman dan tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah berpengalaman selama bertahun – tahun dalam bidangnya dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Jika kalian ingin berkonsultasi lebih lengkap mengenai Firestop. Silahkan Hubungi Kami klik di sini, Team ahli kami siap membantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik. Untuk melihat artikel sebelumnya klik di sini.